PDAM merupakan salah satu BUMD yang berorientasi
profit dan juga sosial. Sebagai perusahaan yang menangani pengelolaan air
bersih tentunya tidak lepas dari kinerja seluruh staf. Perusahaan dikatakan
baik apabila semua unsur yang ada di dalamnya berjalan secara profesional dan
dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mewujudkan cita—cita ini, perlu adanya
kooordinasi dan evaluasi pada masing-masing bidang pekerjaan. Bagian keuangan
tidak akan mendapatkan pemasukan yang banyak apabila di hubungan pelanggan dan
di bagian penagihan tidak berjalan baik, demikian sebaliknya. Begitu juga di
bagian pelayanan kalau tidak didukung dengan kinerja yang cepat, tepat dan
akurat di bagian operasional apalah artinya perusahaan akan maju.
Setiap minggu atau bulan sekali, seluruh staf PDAM
melakukan rapat koordinasi dan evaluasi yang diikuti oleh Direksi, para kabag,
kasubag dan staf guna membahas permasalahan yang terjadi dan penyelesaiannya
juga diputuskan pada waktu itu juga. Dalam membahas suatu permasalahan diminta
kepada semua yang mengikuti rapat saling menghargai pendapat masing-masing
sehingga dengan demikian akan cepat disimpulkan penyelesainnya.
“Yang penting bagaimana seluruh staf PDAM memahami
bahwa perusahaan ini adalah tempat dimana kita mendapatkan penghasilan dan
rejeki”, tegas Aries Yuswantono. Selanjutnya, maka kita harus memelihara rumah
PDAM ini tetap baik dan kokoh meskipun badai mengganggu kita, tambahnya.