"Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)", yang merupakan bangunan atau konstruksi pokok dari sistem pengolahan air bersih. Di dalam pengolahan air bersih secara umum terdapat 3 bangunan atau konstruksi, yaitu: Intake, Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA), dan Reservoir. IPA Kudu – Ngusikan yang ada di Kabupaten Jombang sudah beroperasi mulai tahun 2012 hingga sekarang sudah mensuplai air bersih ke sejumlah 1.000 pelanggan di daerah utara Sungai Brantas meliputi Ploso, Kabuh, dan Kudu.

Instalasi pengolahan air ini membutuhkan tenaga listrik yang besar untuk menggerakkan pompa-pompa yang dimulai dari intake, bangunan pengendapan sedimen dan yang terakhir pompa dari reservoir ke pelanggan. Melihat hal tersebut diatas perlu adanya efisiensi energi sebagai langkah penghematan listrik.

IUWASH sebagai mitra kerja PDAM selalu menampung semua gagasan dan ide yang menjadikan PDAM maju, oleh karena itu bantuan konsultasi masih diperlukan oleh PDAM

---------ooo0ooo---------